Suka Duka Sehari Bersama Oka

Pada hari Rabu di Bulan Februari, aku dan Oka sahabatku, berangkat ke sekolah kami sama-sama membawa sepeda gayung untuk mempercepat perjalanan. Ternyata perjalanan hari ini tak semudah hari-hari lalu. Di perjalanan,  sepeda yang dinaiki Oka, tiba-tiba rusak dan rantainya lepas. Kami sudah agak panik karena jam sudah menunjukan pukul 12.30, jam bel masuk sekolah pukul 13.00 jadi kami harus cepat-cepat agar tidak terlambat masuk sekolah.

Aku langsung cepat-cepat memperbaiki sepeda temanku bersama-sama. Ah, bisa juga. Akhirnya kami sampai di sekolah sebelum bel masuk masuk berbunyi. Sambil menarik nafas dan istirahat karena perjalanan tadi.

Bel masuk pun berbunyi, kebetulan pelajaran pertama adalah Bahasa Indonesia dan guru yang mengajar galak banget. Kalo gak buat PR, langsung dihukum mengerjakan tugas yang dibuat di papan tulis, soalnya susah lagi. Pas waktu itu aku gak buat PR, karena aku baru datang dari kampung. Waktu gurunya minta murid-murid mengeluarkan PR, aku bingung sendiri. Karena aku belum buat PR. Pas giliranku menyerahkan PR aku sudah takut setengah mati. Takut dimarahi sama guru yang galak itu. Akhirnya tanpa banyak kata guru itu langsung membuat soal di papan tulis dan langsung menyuruh aku menjawabnya.

Sampai semua soal kujawab dengan benar, hampir lima belas menit aku berdiri di depan kelas sambil memikirkan jawaban yang diberikan guru galak itu. Tiba-tiba HP guru itu berbunyi. Guru itu langsung keluar untuk memeriksa hp-nya. Itu kesempatan baik untuk aku bertanya sama temanku. Dengan cepat aku minta tolong Oka supaya jawabannya bisa dicarikan di buku. Akhirnya dapat juga, dengan cepat temanku membisikkan jawabannya padaku. Langsung saja aku tulis tanpa berpikir lagi. Soal itu akhirnya terjawab juga. Heehee…Dengan perasaan yang was-was, takut ketahuan kalau aku dapat jawaban dari bantuan temanku.

Bel tanda istirahat berbunyi, aku dan semua teman-teman sekelasku langsung menyerbu ke kantin untuk membeli makanan. Datang dari kantin aku langsung masuk kelas lagi. Di kantin aku melihat . Aku bertanya pada temanku dengan kalimat yang biasa kami katakan kalau lagi ngobrol, “woy, kenapa to?” Oka jawab, “ehm laper, uangku hilang”. Tanpa banyak tanya lagi aku langsung membagikan makananku pada temanku. Dia lahap banget makannya. Mungkin laparnya udah dari tadi.

Banyak teman kelas melihatku membagi makananku sama temanku. Mereka bersorak  “ciee…ciee…, romantis banget sih!”. Padahal Oka kan cowok, tapi aku cuek aja. Nanti kalau capek juga diem. Tiba-tiba ada sebuah pengumuman, langsung saja teman-temanku yang tadinya ribut langsung diam untuk mendengarkan pengumuman, bahwa murid-murid dipulangkan karena guru-guru ada rapat bulanan. Sontak suasana sekolah yang tadi agak sepi berubah menjadi ramai, karena teriakan teman-teman sekolahku yang senang karena gak belajar lagi.

Sambil membereskan buku dan alat-alat tulisku aku langsung pulang bersama Oka. Sampai di tempat aku memarkir sepedaku dan temanku, kami terkejut karena sepeda kami dinaikkan ke kebun yang tempatnya agak tinggi dari tempat biasa parkir. Lalu aku dan temanku berinisiatif mengambil sepeda kami. Kami saling tolong-menolong agar dapat mengambil sepeda kami. Akhirnya kami berhasil menurunkan sepeda kami. Untung ada temanku yag membantuku. Jika tidak, mungkin bakal lama untuk mengambil sepeda itu.

Kami pun pulang karena hari sudah sore dan kami tidak ingin orang tua kami marah-marah, karena datang dari sekolah kesorean. Harusnyal kami pulang dari sekolah pukul 15.00, tapi karena sepeda kami dijadikan sasaran keisengan, jadi kami sampai pukul 16.00 baru sampai di rumah. Capek banget, tapi karena sama teman capeknya tidak terasa.

 

******************************************************************************

Oleh: I Gede Santika

Umur: 15 tahun

Kelas: IXA, SMP Dharma Praja, Badung (tahun ajaran 2009/2010)

Alamat rumah: Jl. Subak Dalem Gang V No.22 Denpasar Utara 80115

Alamat sekolah: Jl. Gatot Subroto Denpasar

Leave a Reply

