Mengolah Sampah Secara Sederhana

Oleh: Aryani Putri
Kelas VII SMPN 10 Denpasar

Pada Hari Minggu, tepatnya tanggal 3 Februari 2008, saya mendapatkan pengalaman yang sangat menarik. Saya mendapatkan pengalaman tentang cara pengolahan sampah secara sederhana yang diarahkan Kak Gusman dan Kak Tut Nartha.

Betapa bodohnya saya membuang sampah-sampah itu. Ternyata sampah bisa di daur ulang dan dibuat kompos.
Sampah adalah sisa atau kotoran yang telah dipakai manusia, hewan, dan tumbuhan. Jenis sampah dibagi dua yaitu organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang bisa dijadikan kompos, sedangkan sampah anorganik dapat di daur ulang. Contoh organik kepala ikan, ranting pohon, sisa sayur, atau kulit jeruk. Sampah anorganik mislanya botol, baterai, kaleng, dan plastik.

Saya juga diberitahu cara membuat kompos. Pertama, kita ambil sampah organik. Lalu dipotong-potong dan diberi stater, bisa berupa pupuk kompos. Setelah itu siapkan keranjang berserta penutupnya. Di bawahnya diberi sekam, lalu diberi sampah yang telah dipotong, ditutup sekam lagi. Tunggu selama 30 hari. Setelah jadi, sampah disaring agar lebih halus. Bisa dipakai sebagai pupuk untuk tanaman kita, bisa juga dijual.

Selain diberitahu tentang cara pembuatan kompos secara sederhana, saya dan teman-teman juga diberi pemahaman soal pemisahan sampah organik dan anorganik. Kelompok saya kalah dalam permainan itu, tapi tak apa-apa. Dalam permainan ada yang kalah dan ada yang menang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: