Cara Pengolahan Sampah

Oleh: Bagus Rizky
Kelas VA SD Saraswati 2 Denpasar

Pada Hari Minggu, 3 Februari, ada kakak-kakak yang datang dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali. Mereka mengajarkan aku cara membedakan sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik bisa di daur ulang. Contoh sampah organik adalah sisa nasi, kepa ikan, dauan. Yang bisa di daur ulang adalah kaleng, kresek, baterai, dan lain-lain.

Aku tahu sampah-sampah itu dibuang ke TPA. Jika buangan sudah penuh, maka bisa menimbulkan penyakit yaitu diare, kolera, tifus, dan lain. Aku juga diajarkan bahaya smpah seperti banjir, pemandangan menjadi jorok, dan mencemari sungai.

Aku jadi tahu proses pembuatan kompos secara sederhana. Bahannya sampah organik. Isi stater, yaitu tanah atau pupuk kandang.

Cara pembuatannya, yaitu sampah organik dipotong, diberikan air secukupnya dan diperas sampai keluar air. Lalu masukkan sampah ke keranjang berisi sekam. Ditutup lagi dengan sekam agar tidak bau. Didiamkan 30 hari. Setelah itu diayak sampai halus. Aku juga bisa main game loh. Seru sekali dan aku sangat senang.

About these ads

11 Responses so far »

  1. 1

    mitzi said,

    wow.kren bgt dong.gw jga lgi nyari ttg pengolahan and pemisahan sampah.kasitau2 lgi dong.haha.slm knal dri jakarta.

  2. 2

    rida said,

    thanks ya biar singkat aku jadi tau proses pembuatan kompos secara sederhana.. sekarang aku mo coba praktek..

  3. 3

    saya mau mencoba mengolah sampah di tempat tinggal saya…bisa dishare teori dan prakteknya ???

  4. 4

    Waktu pertama kali aku melihat program ini di TV, aku senang sekali, cuma cara pembuatanya disampaikan sekilas aja, membuat aku jadi perasaran. Aku senag dapat menemukan cara yang digunakan oleh anda dengan muda dan gampang, tetapi aku kurang paham dengan kata SEKAM, apa yang dimaksuk dengan sekam, maklum aku bukan orang Indonesia. Tolong dibalas, aku sangat membutuhkan jawabanya…soalnya aku punya banyak bunga dan ingin sekali tanam sayur-sayuran dalam pot.

  5. 6

    Ratih said,

    Keranjangx yg gimana?? Blh gak klw ember?

  6. 7

    alan said,

    bisa minta teknik2 pengelolahanya nggak soalx aku dah tugas

  7. 8

    ientan said,

    wahhh…

    aQuh jga lgi nyari bhan bwat daur ulang..

    bisa d cba tuch

    ^^

  8. 9

    widya said,

    thanx very much Y mbak atas infony

  9. 10

    azi cuzz said,

    Lebih bagus lagidonk!!!!!!!!!!

  10. 11

    rojhieb said,

    kreatif dan bagus artikelnya semoga bisa diwujudin nak


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: